Mantappu Jiwa - Jerome Polin Sijabat


Buku : Mantappu Jiwa

Pengarang : Jerome Polin Sijabat

Penerbit : PT Gramedia Pustaka

                Utama Jakarta

Tahun Terbit : 2019


Tebal Buku : 224 Halaman


Ringkasan :


     Buku ini menceritakan tentang kehidupan seorang Jerome polin sijabat, yang sampai saat ini bisa kuliah di Jepang dan menjadi Youtuber terkenal. Dari buku tersebut saya mengetahui ternyata keinginan Jerome untuk kuliah di luar negeri sudah sejak dia SD, karena alasan yang sangat sederhana, yaitu dia ingin pergi ke luar negeri seperti teman-temannya dan paling utama dia ingin pergi ke Disneyland bersama keluarga kecilnya. Sejak kecil Jerome rajin belajar meskipun dia tidak bisa mengikuti les tetapi dia bisa menyaingi teman-temannya. 

     Sejak SMP dan SMA Jerome sudah sibuk mencari peluang untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, Jerome juga sering mengikuti olimpiade yang kadang gagal namun jerome tak pernah menyerah dan banyak berhasilnya juga.

     Ketika lulus SMA Jerome melanjutkan keiginannya untuk berkuliah di luar negeri. Sekolah incaran pertama nya adalah NUS (National University of Singapore), Jerome berhasil masuk namun tidak mendapatkan besiswa sepenuhnya. Akhirnya Jerome menolak karna dia tak ingin membebankan orangtuanya, kemudian dia mencoba ke NTU (Nanyang Technological University) namun belum jalannya, sampai suatu hari kakaknya memberitahu Jerome bahwa perusahaan mitssui busan membuka beasiswa untuk bersekolah di Jepang. Jerome kemudian mencobanya dia terus berusaha, belajar dan belajar terus, dia melewati tahap demi tahap hingga akhirnya dia lolos.

     Setelah sampai di Jepang dengan beasiswa penuhpun, perjuangan Jerome masih belum berakhir. Jerome masih harus belajar Bahasa Jepang dari nol, belajar Matematika, Kimia, dan Fisika dalam Bahasa Jepang, untuk mengikuti tes masuk University di Jepang, serta beradaptasi di negara asing sampai akhirnya Jerome berhasil lulus menjadi mahasiswa di Waseda University.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Fiksi “Tulisan Sastra”

Resensi Novel Fiksi “12 Cerita Glen Anggara”

Next - Ria Ricis